Langsung ke konten utama

Kulit Telapak Kaki Pecah-Pecah Atau Retak.



Penyebab kaki pecah-pecah pada umumnya bisa terjadi karena kurang perawatan, tetapi juga bisa akibat kulit kering atau terpapar bahan kimia tertentu.

Secara medis, tumit kaki pecah-pecah juga dikenal dengan celah tumit akibat kapalan. Kapalan ini lama kelamaan karena tekanan berat tubuh akan meluas ke samping, menjadi kering dan menyebabkan tumit kaki pecah-pecah. Hal ini akan memengaruhi permukaan kulit yang terdiri dari epidermis, dan terkadang bisa menembus jauh ke dalam dermis dan menyebabkan rasa sakit.


Baca Juga : Katakan Tidak Pada Daki

1.  Penyebab Kaki Pecah-Pecah

Bukan hanya karena sebab yang telah diesbutkan di atas, penyebab kaki pecah-pecah dan tumit kering juga bisa dikarenakan tubuh kekurangan vitamin, mineral (seng dan zat besi), dan asam lemak omega 3.
Penyebab kaki pecah-pecah bisa karena berbagai faktor, sayangnya penderita biasanya mengabaikan kondisi ini. Padahal kulit telapak kaki pecah-pecah bisa saja berujung infeksi penyakit.

2.  Faktor penyebab kaki pecah-pecah di antaranya:


•  Menderita eksim
•  Kekeringan kulit akibat sedikit keringat pada telapak kaki
•  Tingkat metabolisme tubuh yang rendah
•  Menderita diabetes yang berakibat sedikitnya keringat
•  Berdiri berjam-jam
•  Berjalan tanpa alas kaki, atau dengan sandal terbuka
•  Mandi terlalu lama dan menggunakan air panas
•  Menggunakan sabun keras yang dapat mengupas kulit kaki dari minyak alami
•  Sepatu yang tidak pas atau mendukung tumit Anda
•  Kulit kering karena iklim, seperti suhu dingin atau kelembapan rendah

Selain itu, bila Anda sering mengenakan sepatu dengan desain tumit terbuka sehingga lemak di bagian bawah tumit tertekan dan menjalar ke bagian samping, sehingga tekanan yang tinggi ini akan memunculkan keretakan kulit tumit lebih mudah. Sehingga permukaan tumit bisa menebal dan terlihat berwarna kuning sampai gelap, serta terdapat celah yang besar dan terlihat jelas.

3.  Cara Mengatasi Telapak Kaki Pecah-pecah
•  Heel Balms atau Vaseline.
Pengobatan pertama untuk kaki pecah-pecah adalah menggunakan heel balms atau vaseline. Obat ini mengandung bahan untuk melembapkan, melembutkan, dan mengelupas kulit mati. Perhatikan bahan-bahan berikut ini:
•  Urea (Flexitol Heel Balms)
•  Asam salisilat (Kerasal)
•  Alpha hydroxi acids (Amlactim)
•  Isomerat sakarida

4.  Cara merawat tumit kaki yang retak:
Terapkan heel balms atau vaseline pada kaki pecah-pecah di pagi hari untuk meningkatkan elastisitas kulit sebelum memulai aktivitas
Melembabkan tumit kaki sebanyak dua hingga tiga kali sehari.
Memakai sepatu yang melindungi tumit kaki.
Demikian dari penjelasan artikel ini. Selain itu kami juga menyediakan tips kecantikan, tips merawat wajah dan tips lainnya. Jangan lupa kunjungi web kami lainnnya ya..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sinar Matahari Ini Bisa Berbahaya untuk Kulit Kamu

Pasti dari kalangan kalian banyak yang mengidamkan kulit putih bersih dan hasilnya dapat menarik dari lawan jenis dan ini adalah penyebab kulit hitam simak selengkapnya teman-teman. Apakah sinar matahari dapat membuat kulit menjadi hitam? Jadi akibat dari sinar matahari 90% penuaan dini terjadi lebih awal yaitu dengan berubahnya kulit menjadi hitam termasuk sebagai berlebihannya zat-zat matahari yang mengakibatkan sel-sel kulit menjadi hitam akibat terlalu masuknya sinar matahari ke dalam tubuh kita maka diperkirakan lebih dari satu juta orang terkena kanker kulit karena berlebihnya cahaya atau zat pada sinar matahari yang berlebihan yang disebabkan oleh terlalu lamanya terpapar oleh sinar matahari dan wanita yang berumur 40 tahun lebih sangat rentan dengan sinar matahari yang masuk ke dalam tubuhnya yang berlebihan Oleh karena itu umur 40 tahun sangat dominan dengan kulit-kulit yang mungkin dapat mengakibatkan kehitaman yang berlebihan atau banyaknya sel-sel kulit mati yang terdapat

Kecantikan : Tips Membersihkan Wajah Dengan Benar.

Bagaimana sih membersihkan wajah dengan cara yang benar ? wajah memang tidak jauh dari kotoran dengan mencuci wajah juga dapat membuat wajah terasa segar. Kamu cukup perlu membasahi muka terlebih dahulu, kemudian sabun pembersih ketelapak tangan, menggosokkannya kepermukaan wajah, lalu bilas dengan air bersih.

Punya Mata Seperti Panda ? Lakukan Ini Agar Wajah Bersinar Seketika

Banyak beraktivitas membuat kurang tidur. Alih-alih ingin aktif dalam berbagai hal, kenyataannya hal itu membuat kesehatanmu menurun. Disadari atau tidak penampilanmu terkena pengaruhnya, yakni munculnya kantung mata yang mengurangi kecantikan dan kecerahan wajah. Sambil rutin melakukan perawatan wajah untuk menghilangkan mata panda, kamu harus mempraktikkan tips make-up khusus agar kantung mata dapat tersamarkan. Dengan begitu, kamu tidak perlu bingung lagi dalam mengatasi area hitam di bawah mata. Simak tips make-up berikut ini Baca Juga : Bahaya Kosmetik Kadaluwarsa 1. Oleskan pelembap pada sekitar mata bagian bawah Untuk menyamarkan kantung mata, kamudapat memanfaatkan pelembap dan foundation. Caranya cukup mudah yaitu silakan kamu poleskan dulu pelembab di sekitar mata, terutama area hitamnya. Lalu , kamu bisa mengoleskan foundation yang warnanya lebih terang dari kulit asli. tutup polesan pelembap dan foundation tadi dengan bedak supaya make-up kamu tahan lama dan kantung mata te